By Admin  Article Published
 

Ibarat sejoli, keberadaan sprei tidak dapat dilepaskan dari kasur yang Anda miliki. Bahkan jika Anda melakukan survei kecil-kecilan, setiap kasur yang memang diperuntukkan untuk istirahat selalu terlapisi dengan kain lebar yang satu ini. Ada beberapa tujuan pemasangan sprei.

  • Pertama, untuk melapisi kasur agar tidak cepat kotor.
  • Kedua, untuk membuat Anda bisa tidur lebih nyaman dengan bahan kainnya yang lebih lembut dibandingkan permukaan kasur.

Meskipun penggunaannya sangat penting untuk menjamin kenyamanan istirahat Anda, masih ada saja loh orang-orang yang kurang paham mengenai jenis sprei seperti apa yang pantas digunakan untuk tempat tidurnya. Bahkan mungkin saja Anda termasuk orang yang masih bingung ketika hendak membeli sprei.

Sebenarnya tidak sulit untuk membeli sprei yang Anda butuhkan. Apalagi, kini banyak marketplace  online yang menjual kebutuhan rumah tangga yang satu ini. 

Namun sebelum mulai memborong sprei-sprei tersebut, yuk baca tips-tips berikut untuk mendapatkan sprei terbaik yang bisa membuat tidur Anda semakin nyaman dan berkualitas!

Berita baiknya, tips-tips ini bisa dilakukan dengan sangat mudah, bahkan bagi Anda yang tidak berpengalaman dalam membeli segala peralatan rumah tangga dan keperluannya.

Selalu Perhatikan Bahan Sprei

sprei dekoruma

Baik ketika Anda membeli sprei secara langsung ke toko maupun memesannya via online, satu hal yang harus menjadi pegangan Anda adalah tidak boleh lupa untuk mengecek material dasar dari sprei tersebut.

Bahan terbaik untuk kain yang menjadi pelapis luar kasur ini adalah katun. Alasannya, katun dapat memiliki daya serap cairan yang sangat tinggi sehingga membuat keringat orang yang tidur di atasnya juga cepat terserap.

Dengan demikian, Anda tidak akan merasa kegerahan ketika tidur di atas kasur yang beralas sprei katun. Mempertimbangkan kondisi Indonesia yang beriklim tropis, sprei berbahan katun dapat membuat tidur Anda terasa lebih sejuk, meskipun udara sedang panas.

Sprei berbahan katun pun dikenal awet. Memiliki serat tinggi, kain-kain katun memang dipercaya memiliki ketahanan yang lebih daripada jenis kain lainnya. Karena itulah, ketika Anda memutuskan membeli sprei berbahan katun, berarti Anda bisa berhemat.

Alas kasur berbahan katun tersebut bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Warna sprei berbahan katun pun biasanya tidak mudah luntur sehingga aman untuk dicuci kapan pun Anda mau.

Selain katun, ada beberapa jenis material kain lainnya yang bisa menjadi pilihan tepat untuk sprei Anda. Jika Anda ingin mendapatkan sprei yang tidak kalah sejuk dari katun, sprei berbahan linen dapat menjadi pilihan karena dikenal dengan keademannya yang tingkat tinggi.

Sementara itu, jika Anda lebih mementingkan kesan mewah dan kelembutan, sprei dari bahan sutra dapat menjadi alternatif.

Sebaliknya, bagi yang tinggal di lingkungan dingin dan memerlukan kain yang terasa hangat, cobalah menjatuhkan pilihan Anda kepada sprei berbahan rayon yang terbuat dari serat selulosa. Meskipun terasa agak panas, sprei dari rayon ini tetap terasa lembut sehingga tidur bisa tetap nyaman.

Baca lebih lanjut: Tips Memilih Sprei Berdasarkan Bahan

Sesuaikan Motif dengan Kondisi Kamar

sprei kasur dekoruma

Setelah menentukan jenis bahan dasar apa yang pantas untuk sprei llingkungan Anda, kini saatnya menyesuaikan motif yang hendak Anda pilih dengan kondisi kamar Anda. Beberapa hal dari kondisi kamar yang harus diperhatikan sebelum memasang sprei di kasur Anda, antara lain luas kamar dan pencahayaan.

Apabila kamar Anda termasuk tipe yang sempit, sebaiknya pilihlah sprei yang tidak bermotif alias polos. Hal ini untuk membuat kamar Anda terlihat lebih lenggang dan nyaman ditempati.  Kalaupun Anda ingin bermain motif untuk kamar yang tidak terlalu besar, carilah motif yang tidak terlalu ramai atau pilih motif besar yang tidak terlalu banyak berulang.

Sementara itu, jika kamar Anda cukup luas, Anda bisa lebih mengekspresikan motif sprei yang diinginkan. Mau motif besar, kecil, ramai, ataupun polos bisa Anda pilih semua. Namun ingat, ketika memilih motif sprei, sesuaikan juga warnanya dengan kondisi warna cat kamar Anda.

Masalah warna sprei Anda pun sebenarnya sangat terkait dengan pencahayaan kamar Anda.

  • Apabila kamar Anda memiliki pencahayaan berlebih dengan jendela-jendela yang cukup besar, Anda boleh saja berani memilih sprei dengan warna-warna agak gelap.
  • Jika ruangan tidur Anda kurang mendapat pencahayaan optimal, hindarilah warna-warna gelap dan beralihlah ke seprai dengan warna terang,  seperti putih ataupun warna pastel.

Sementara itu, pemilihan warna sprei pun tidak boleh dipandang remeh. Jika salah pilih, bukan tidak mungkin tidur Anda akan terganggu. Sebagai contoh, jika Anda memilih sprei berwarna gelap untuk ruangan yang kurang mendapat cahaya langsung, nyamuk akan senang berkumpul sehingga tidur Anda menjadi tidak nyaman dengan degungan dan gigitannya.

Pastikan Ukuran Sprei

sprei motif berkualitas

Setelah selesai dengan pemilihan bahan dasar sprei berikut motif dan warnanya, hal yang tidak boleh luput dari perhatian Anda ketika memilih sprei untuk kasur adalah ukurannya.

Terlebih dahulu, Anda harus mengetahui jenis ukuran kasur yang Anda miliki. Setelah itu, sesuaikan ukurannya dengan sprei yang sudah Anda taksir sebelumnya dari segi bahan, motif, hingga warna.

Hingga saat ini, secara umum ada empat jenis ukuran sprei yang bisa menjadi pedoman Anda, yaitu single, super single, queen, dan king sizeApabila memilih ukuran dengan tepat, sprei Anda bisa terpasang dengan baik dan tidak mudah lecek ketika ditiduri.

Akan tetapi, jika Anda salah memilih ukuran sprei, Anda harus siap dengan konsekuensi sprei yang tidak bisa menutupi kasur secara penuh hingga kain mudah bergeser karena ukuran sprei lebih besar daripada kasur.

Yang mesti Anda pahami, rata-rata panjang sprei sama untuk setiap ukuran, yakni 200 cm. Hanya lebarnyalah yang membedakan.

  • Untuk ukuran single yang paling kecil, angka lebarnya adalah 100 cm.
  • Lebar yang sedikit lebih banyak bisa Anda peroleh ke jenis ukuran sprei super singleyakni mencapai 120 cm.
  • Sementara itu, ukuran lebar sprei queen adalah 160 cm.
  • Yang terakhir, ada lebar dengan ukuran 180—200 cm untuk ukuran kasur king size yang paling besar.

Anda pun harus melihat tinggi dari sprei tersebut. Rata-rata tinggi sprei berbasis pada model spring bed dengan ketinggi 20 cm. Namun, Anda pun bisa mendapatkan sprei dengan tinggi lebih jika memesan secara custom.

Nah, sekarang Anda sudah tidak bingung lagi bukan dalam menentukan sprei yang hendak Anda beli dan pasang di kasur? Selain ketiga tips di atas, jangan lupa untuk selalu membandingkan harga sprei antar penjual yang satu dengan yang lain.  Nama baik dari produsen sprei pun amat layak dipertimbangkan guna mendapat sprei yang sesuai idaman Anda, khususnya apabila Anda membeli secara online. 

(sumber : www.dekoruma.com)



Related Article