By Admin  Article Published 19 December 2017
 
 Pemilihan Ranjang Bayi
Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam pemilihan ranjang bayi, agar bayi dapat memiliki tempat tidur yang nyaman namun juga aman.
  • Pilihlah ranjang bayi dimana tidak terdapat pintu tarik atau tidak terdapat bagian samping yang dapat di buka. Hal ini menjaga bayi agar kelak nanti tidak dapat membuka dengan sendirinya.
  • Pilihlah ranjang bayi dari bahan stainless bukan dari besi. Besi dikhawatirkan akan mengalami karat, dan tentunya material karat besi berbahaya bagi keselamatan bayi. Pilihlah ranjang bayi dengan ukuran yang sesuai dengan umur bayi. Jangan terlalu luas, karena hal ini akan memakan ruangan kamar dan juga jangan terlalu sempit karena hal ini dapat membuat stress bayi.
  • Usahakan ranjang dapat di ekspansi. Artinya ranjang bayi dapat di ubah bentuk dari segi ukuran disesuaikan dengan usia bayi. Hal ini cukup penting, karena ranjang bayi yang dapat di ekspansi merupakan salah satu ciri atau fitur ranjang bayi yang berkualitas. Tentunya hal ini juga akan menghemat biaya anda, karena tidak usah lagi membeli ranjang bayi ketika bayi anda tumbuh semakin besar.
  • Pilihlah ranjang bayi yang memiliki kaki beroda hal ini bermanfaat bagi orang tua gar lebih mudah memindahkan ranjang bayi, namun pastikan bahwa kaki ranjang yang beroda memiliki pengunci yang kuat, guna mencegah ranjang bayi bergulir dengan sendirinya tanpa sepengetahuan orang tua.
  • Usahakan ranjang memiliki tempat penyimpanan guna memudahkan orang tua dalam mengambil perlengkapan bayi, seperti selimut ekstra, popok bayi, dll. Hal ini berhubungan dengan efisensi anda sebagai orang tua.
  • Pilihlah ranjang bayi yang dapat diatur untuk posisi matras. Saat masih bayi baru beberapa minggu lahir, posisi matras dapat diatur lebih tinggi, namun ketika bayi sudah bisa duduk, posisi matras bayi bisa diturunkan, dan ketika bayi sudah bisa berdiri, posisi matras bisa diturunkan lebih rendah lagi.
  • Pilihlah kelambu denga ukuran panjang melebihi rangjang atau boks bayi, dan jepitlah bagian bawah kelambu, hal ini agar bayi benar-benar terlindungi dari nyamuk.
  • Jarak jeruji yang aman adalah < 6 cm, hal ini untuk menghindarkan agar bayi terhindar terjepit pada jeruji.
  • Gunakan selimut yang berbahan katun, tidak terlalu tipis tapi jangan pula terlalu tebal, hal ini guna bayi dapat tidur dengan nyaman. Katun baik dalam hal penyerapan keringat bayi.
  • Bayi sangat menyukai gerakan satu arah. Jadi kalo bisa, pilihlah ranjang bayi yang dapat diayunkan, sehingga bayi dapat tidur dengan nyaman.
  • Pastikan baut-baut yang menghubungkan ranjang bayi terpasang dengan kuat, dan periksalah hal ini secara berkala. Hal ini aga ranjang bayi terhindar dari lepas dengan sendirinya akibat aktivitas bayi.
  • Jauhkan ranjang bayi dari colokan listrik atau tirai jendela. Jadi posisikan ranjang bayi tidak terlalu dekat dengan jendela
  • Dalam pemilihan kasur, gunakan kasur dengan kualitas baik juga bisa tahan air. Tapi jangan memilih kasur yang terlalu empuk untuk mengurangsi sindrom SIDS tadi, atau wajah bayi terbenam karenanya.
  • Ukuran kasur bayi tidak boleh ada sela atau jarak dengan bagian ranjang bayi, hal ini juga untuk menghindarkan bayi atau bagian tubuhnya terjepit. Jadi, pastikan ukuran kasur benar-benar fit dengan ukuran ranjang bayi.
  • Disamping ranjang serta kasur, salah satu komponen yang utama untuk buah hati anda yaitu sprei yang dipakai untuk membalut kasur. Sedikit beredar dipasaran sprei untuk bayi, hingga anda bakal kesusahan mencari sprei berkwalitas baik yang memanglah pas untuk bayi terutama bila anda juga inginkan motif ataupun warna yang sesuai dengan selera anda serta design interior ruang kamar buah hati anda.Kupu Bedding, produsen sprei costume bisa jadi jalan keluar untuk sprei tempat tidur bayi.Kupu Bedding mempunyai koleksi motif serta warna yang sangatlah bermacam, dengan pilihan kwalitas yang bermacam yang juga pas untuk memberi kenyamanan tidur bayi.Di Kupu Bedding anda bisa pesan ukuran sprei yang dapat sesuai dengan ukuran matras yang anda punya.
Nah itu tadi beberapa tips cara memilih ranjang bayi. Semoga dapat membantu Anda dalam memilih dan mencari tempat tidur yang tepat untuk buah hati Anda.


Related Article